Kaleidoskop Jambi di Tahun 2021

Foto: Ist/net

Serampas.com, Jambi - Masuk pada fasenya bumi mengitari ruang waktu, baik dari tiap detiknya, menit, jam, hari, bulan, bahkan tahun, yang terkadang juga tanpa disadari segera berganti dan tak akan bisa memutar balik kembali.

Dalam setahun terdapat 365 hari lamanya, tentu banyak sekali momentum yang kita temui meski bisa dibilang agenda, sejarah,  bentuk dan tema nya berwarna-warni.

Seperti yang akan kita ulas dalam Kaleidoskop Jambi di Tahun 2021, yang banyak sekali dapat kita ulas baik itu dalam bentuk pesta demokrasi, tahun politik, Hukrim, kinerja birokrasi pemerintahan, swasta, sosial, pendidikan, adat dan budaya, dan yang lain sebagainya.

Okeh, berawal di Januari 2021 meski dalam keadaan pandemi Covid-19. Tentunya ini menjadi momen yang bersejarah bagi masyarakat Jambi pada umumnya, karena pada tanggal 6 Januari merupakan puncak peringatan HUT Provinsi Jambi yang barang tentu harus dilaksanakan apapun bentuk dan acaranya.

Pada 6 Januari 2021 ada momen yang membahagiakan yang bercampur rasa haru, dimana Gubernur Jambi Fachrori Umar menyampaikan capaian kinerja dimasa kepemimpinannya, khususnya di bidang kesehatan dan sekaligus berpamitan kepada seluruh peserta yang hadir pada sidang paripurna HUT ke-64 Provinsi Jambi di gedung DPRD provinsi Jambi.

Di mana jabatan Fachrori Umar sebagai Gubernur Jambi berakhir pada 12 Februari 2021.

"Rapat paripurna HUT Provinsi ini merupakan paripurna yang terakhir bagi saya sebagai Gubernur Jambi. Saya mohon maaf atas kekurangan dan kesalahan selama ini," ujarnya.

Fachrori berharap Provinsi Jambi ke depan tetap maju dan lebih baik lagi dengan kepemimpinan Gubernur terpilih.

Hukrim

Sejak Januari 2021 sampai dengan Februari 2021, Kepolisian Daerah (Polda) Jambi telah mengungkap sebanyak 14 kasus terkait kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Jambi. Dari 14 kasus tersebut polisi menetapkan sebanyak 3 orang sebagai tersangka.

dampak dari terjadinya karhutla yaitu membuat kabut asap tebal sehingga dapat menutupi jarak pandang. Selain itu debu dengan ukuran partikel kecil, kemudian gas yang berdampak terhadap kesehatan manusia. Seperti ISPA, pneumonia, asma, iritasi mata dan kulit sekaligus terjadinya pencemaran udara.

Sementara dari aspek ekonomi, yaitu terganggunya aktivitas sehari-hari. Kemudian menurunnya produktivitas dan penghasilan, hilangnya mata pencaharian masyarakat di sekitar hutan karena berkurangnya umur tanah serta terganggunya transportasi darat dan udara.

Politik

Pada bulan Maret 2021 masih menjadi momen politik, momen bersejarah, pesta demokrasi masyarakat Jambi dalam ranah Pilgub Jambi yang sebelumnya sudah dilaksanakan pemungutan suara pada 9 Desember 2020. Namun karena disinyalir ada suara yang tidak sah, maka digelar kembali PSU.

"Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan pemungutan suara ulang (PSU) Pilgub Jambi di 88 TPS di 15 Kecamatan di 5 kabupaten di Jambi.

Pasangan Al Haris dan Abdullah Sani optimis pihaknya tetap memenangkan Pilgub Jambi meski dilakukan PSU.

Al Haris juga meminta para pendukung dan simpatisannya untuk tetap bekerja secara profesional untuk membuktikan bahwa suara yang diraih pada Pilgub Jambi Desember 2020 lalu bukanlah hasil kecurangan melainkan nyata.

Kesehatan

Tiga kabupaten dan kota di Provinsi Jambi zona merah COVID-19

Dari sebelas kabupaten dan kota di Provinsi Jambi, tiga daerah berada pada zona merah COVID-19 atau zona resiko tinggi penularan.

"Zona merah COVID-19 itu, Kota Jambi, Kota Sungai Penuh dan Kabupaten Kerinci, Zonasi berdasarkan data dari tanggal 19 sampai 25 April 2021,

Pada 15-16 Mei 2021, semua obyek wisata di Kota Jambi ditutup

Kebijakan itu terkait kondisi penyebaran COVID-19 di Kota Jambi yang cenderung makin meningkat dan telah ditetapkannya Kota Jambi untuk melaksanakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro, sehingga perlu adanya pembatasan dan penutupan beberapa obyek wisata dan tempat usaha di area publik.

Politik

KPU Jambi putuskan PSU Pilgub Jambi dilaksanakan 27 Mei 2021

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi memutuskan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi di 88 TPS dalam lima kabupaten dan kota di daerah itu pada tanggal 27 Mei 2021.

"Penetapan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi terpilih 3 hari setelah penetapan rekapitulasi hasil penghitungan suara ulang,"

KPU Jambi Tetapkan Al Haris sebagai Gubernur Terpilih

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi menetapkan Al Haris-Abdullah Sani sebagai pasangan calon (paslon) terpilih pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi 2020. Pelaksanaan rapat pleno penetapan pasangan calon terpilih itu setelah paslon nomor urut 03 meraih suara terbanyak pada pada pemungutan suara ulang (PSU).

Ketua KPU Provinsi Jambi M.Subhan di Jambi, Sabtu (12/6), menjelaskan, PSU tersebut dilaksanakan di 88 tempat pemungutan suara (TPS) di 15 kecamatan dalam lima kabupaten setelah putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait dengan gugatan hasil pilkada di Jambi. Subhan menyebutkan paslon nomor urut 03 meraih 600.733 suara, paslon nomor urut 01 memperoleh 587.918 suara, dan paslon nomor urut 02 meraih tercatat 381.634 suara.

Jokowi Lantik Al Haris dan Abdullah Sani Jadi Gubernur-Wagub Jambi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Al Haris dan Abdullah Sani sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi 2021-2024. Al Haris dan Abdullah Sani merupakan pasangan calon terpilih pada Pilgub Jambi 2020.
Pelantikan dilakukan di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (7/7/2021).

Kesehatan

Kasus Covid-19 di Kota Jambi Turun Selama PPKM Level 4

Angka kasus positif Covid-19 di Kota Jambi turun selama pengetatan PPKM level 4 dan penyekatan wilayah. Pengetatan PPKM level 4 diberlakukan pada 23-29 Agustus 2021.

Wali Kota Jambi, Syarif Fasha mengatakan angka positif Covid-19 kini tak sampai 1.000 kasus. Berdasarkan dari di situs covid19.jambikota.go.id, tercatat konfirmasi positif Covid-19 di kota Jambi sebanyak 897 kasus pada 27 Agustus 2021.

Ekonomi

Laporan Perekonomian Provinsi Jambi Agustus 2021

Pertumbuhan ekonomi Provinsi Jambi pada triwulan II 2021 mengalami pertumbuhan sebesar 5,39% (yoy), membaik dibandingkan triwulan sebelumnya yang terkontraksi 0,33% (yoy). Pertumbuhan didukung oleh hampir seluruh kategori lapangan usaha. Pertumbuhan tertinggi dicapai oleh Transportasi dan Pergudangan sebesar 18,65%, diikuti Penyediaan Akomodasi dan Makan Minum sebesar 15,24%. Penerbangan maupun transportasi darat, serta hunian hotel dan penyediaan makan minum mulai bisa beroperasi mengikuti tatanan new normal. Selanjutnya, lapangan usaha Jasa Keuangan dan Asuransi tumbuh sebesar 12,31%. Hanya satu lapangan usaha yang mengalami kontraksi pertumbuhan, yaitu Pertambangan dan Penggalian sebesar -0,70%.

Hukrim

Sumur Minyak Ilegal Meledak di Jambi, Ada Oknum Polisi Ikut Terlibat

Sumur minyak ilegal di Desa Bungku, Kecamatan Bajubang, Kabupaten Batanghari tepatnya di wilayah Konsesi PT AAS meledak dan membakar lahan illegal drilling itu seluas dua hektare di kawasan itu.

Kejadian kebakaran tersebut pertama kali dilaporkan oleh Satgas Udara Karhutla Provinsi Jambi pada hari Sabtu (18/9/2021) sekitar pukul 10.00 WIB. Api diperkirakan berasal dari sumber titik illegal drilling yang diawali percikan api saat eksploitasi minyak ilegal.

Seorang oknum polisi anggota Polres Batanghari ikut diamankan dari lokasi ledakan sumur minyak ilegal yang terjadi Desa Bungku, Kabupaten Batanghari, Jambi.

Kerusakan Akibat Penambangan Emas Tanpa Izin di Jambi Melebar

Bupati Merangin H Mashuri menyebutkan aktivitas Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di Kecamatan Margo Tabir, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi, selain mengakibatkan abrasi dan kerusakan lahan pertanian, juga mengikis lahan kuburan di pinggiran Sungai Tabir.

"Jadi abrasi yang terjadi di Desa Lubuk Bumbun Kecamatan Tabir itu, tidak hanya mengikis lahan pertanian masyarakat, tapi juga kuburan-kuburan yang berada di bantaran Sungai Tabir itu, sudah banyak yang hanyut," kata Bupati Mashuri dalam rapat koodinasi (rakor) unsur Forkopimda Merangin di Bangko Kabupaten Merangin, seperti disampaikan melalui keterangan tertulisnya, Rabu (13/10/2021).

Kasus Uang Ketok Palu, 4 Legislator Jambi Segera Diadili

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) merampungkan berkas perkara empat anggota DPRD Jambi di kasus dugaan suap uang ketok palu pengesahan RAPBD Jambi 2017-2018. Mereka segera diadili dalam waktu dekat.

"Tim penyidik telah melaksanakan tahap dua yakni penyerahan tersangka dan barang bukti kepada tim jaksa,"

Pelaksana tugas (Plt) juru bicara KPK bidang penindakan Ali Fikri melalui keterangan tertulis, Jumat, 15 Oktober 2021.

Ali mengatakan empat tersangka kasus suap Jambi itu Fahrurrozi, Arrakhmat Eka Putra, Wiwid Iswhara, dan Zainul Arfan. Keempatnya ditahan selama 20 hari ke depan.

Kecelakaan Maut di Jambi, Lima Orang Tewas

Tabrakan maut terjadi di Jambi, antara mobil Toyota Kijang LGX BH 1997 LD dengan truk Colt Diesel BA 8509 EU. Akibat kecelakaan ini, lima orang tewas di tempat. Minggu, 24 Oktober 2021.

Informasi dihimpun, mobil Kijang diketahui dari Bungo tujuan Padang dan truk dari Padang menuju Bungo bertabrakan di Jalan Lintas Sumatera Jambi KM 17, Desa Embacang Gedang, Kecamatan Tanah Sepenggal Lintas, Kabupaten Bungo, Jambi. Akibat kecelakaan itu, sopir dan penumpang mobil Kijang semua tewas. Sedangkan sopir dan penumpang truk selamat.

Olahraga

Perbaiki Peringkat Prestasi, Atlet Jambi Finish Posisi 18 PON/XX Papua

Diperkuat 101 atlet, kontingen Jambi di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua berhasil membawa pulang 29 medali, dengan rincian 6 medali emas, 10 perak, dan 13 perunggu.

Perolehan 6 medali emas tersebut sama dengan PON XIX Jawa Barat tahun 2016. Namun dari segi peringkat, Jambi berhasil finish di posisi 18 pada PON Papua tahun ini, sementara di PoN Jawa Barat Jambi finish di posisi 23.

Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Jambi Budi Setiawan menyampaikan, hasil perjuangan panjang para atlet Jambi cukup menggembirakan. Dengan keterbatasan anggaran dan kondisi pandemi Covid-19, atlet Jambi mampu menunjukan kebolehannya dan meraih prestasi di PON XX Papua.

Sosial

Protes Angkutan Batubara, Mahasiswa Jambi Orasi Bawa Keranda Mayat Didepan Gedung Dewan

Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Jambi berorasi di depan Gedung DPRD Provinsi Jambi, menyoal angkutan batu bara yang kerap memakan korban jiwa. Senin (08/11).

Mahasiswa HMI ini menyuarakan tuntutan kepada Dewan provinsi meminta percepatan realisasi jalur khusus truk angkutan batu bara, agar lajur lintas Mendalo – Simpang Rimbo bisa tertib.

Aparat Kepolisan berjaga ketat, Pasalnya mahasiswa mendesak masuk kedalam Gedung rakyat itu. Bahkan sempat terjadi saling dorong.

Salah satu orator HMI Jambi menyampaikan, mahasiswa mendesak masuk ke dalam Gedung DPRD Provinsi Jambi hanya untuk mengantarkan keranda dan setelah diberikan izin masuk kedalam, para orasi HMI Jambi berjanji akan kondusif.

Sebagi bentu kekecewaan mahasiswa HMI membawa Keranda mayat yang terbuat dari kayu yang ditutup dengan sepanduk warna putih, serta terdapat tulisan korban laka truk batu bara Lintas Jambi – Bulian.

Niatnya Oh Yes, Terus Video Phone Sex Beredar, Oknum Anggota Dewan Merangin Jadinya Oh No!

Beredar video phone sex salah satu oknum Anggota DPRD Kabupaten Merangin berinisial AT dari Partai Berkarya.

Seperti dikutip dari laman lamanesia.com. Dalam video berdurasi 2 menit 25 detik tersebut AT terlihat sedang video call bersama seorang wanita cantik tengah telanjang bulat sambil memegang alat kelaminnya.

Pelayanan Publik

Saiful Roswandi Dilantik Menjadi Kepala Perwakilan Ombudsman Provinsi Jambi

Dengan mengenakan setelan jas hitam dan dasi merah, serta disumpah dibawah kitab suci Alquran. Saiful Roswandi mengucapkan janji dan sumpah jabatan dan fakta integritas jabatan dipandu oleh Kepala Ombudsman RI Mokhammad Najih.

Pelantikan dan pengangkatan sumpah/janji jabatan kepala perwakilan Ombudsman RI Provinsi Jambi masa jabatan 2021-2026 digelar di kantor Ombudsman RI perwakilan Provinsi Jambi. Selasa (2/11/2021)

Hukrim

24 Tahanan Kabur, Kapolda Jambi Duga Ada Kelalaian Petugas Jaga

Kabar kaburnya puluhan tahanan Polres Batanghari, yang dititipkan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Desa Sungai Buluh, Kecamatan Muarabulian, Kabupaten Batanghari pada Minggu malam, 14 November 2021, membuat heboh Jambi.

Kanwil Kemenkum dan HAM Provinsi Jambi Jahari Sitepu menyampaikan, dirinya tidak mengetahui pasti bagaimana kronologisnya narapidana tersebut kabur.

Korupsi Dana Desa Rp396 Juta, Mantan Kades di Merangin Ditahan Polisi

Mantan Kepala Desa (Kades) Benteng, Kecamatan Sungai Manau, Merangin tersangka kasus korupsi APBDes resmi ditahan polisi. Sebelumnya ia sempat menjadi buron.

Tersangka M, merupakan kades Benteng, Periode 2013-2019. dan tejerat kasus korupsi dana desa tahun 2018.

Sosial

Tolak Kenaikan UMP 2022, Buruh Unjuk Rasa di Kantor Gubernur Jambi

Kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) dinilai pukul rata, puluhan kaum buruh hadang kantor Gubernur Jambi. Kamis (25/11).

Orasi kaum buruh turun langsung untuk mendesak pemerintah provinsi (pemprov) Jambi untuk mencabut SK UMP yang telah ditandatangani.

“Kenaikan 0,72 persen atau Rp 18.872,11, dengan kata lain kita tolak upah murah”, koar Roidah Pane, orator aksi

Sebelumnya, pemerintah Provinsi Jambi menetapkan UMP 2022 juga mengalami kenaikan menjadi Rp 2.649.034,24. UMP Jambi 2022 tersebut naik Rp 18.872,11 atau 0,72 persen dari UMP 2021 lalu.

Adat dan Budaya

Kabinet Baru LAM Jambi Dibawah Komando HBA

Pengurus Lembaga Adat Melayu ( LAM) Provinsi Jambi yang dinakodai Drs. H. Hasan Basri Agus mengumumkan susunan pengurus LAM Provinsi Jambi periode 2021 – 2026 di Kantor LAM, Minggu ( 28/11).

Hasan Basri Agus terpilih menjadi Ketua Umum secara aklamasi dalam Mubes LAM tanggal 17 Nopember 2021 berharap pengurus LAM yang baru dapat bekerja secara kolektif dan rasa kebersamaan.

Musibah

Tabrakan Bus Lapas Jambi Vs Bus Trans Siginjai, Puluhan Orang Luka-luka

Mobil Micro Bus Lapas Perempuan Kelas 2B Jambi terlibat tabrakan dengan Bus Trans Siginjai Jambi, tepatnya di jalan Lintas Timur Jambi – Merlung, Desa Sekernan, Kecamatan Sekernan, Kabupaten Muaro Jambi.

Akibat tabrakan itu, 50 orang luka ringan, diantaranya 13 orang pegawai lapas dan 37 orang pegawai pemerintah Jambi yang saat ini dibawa ke RSUD Raden Mattaher Jambi.

Siswa Bintara SPN Polda Jambi Asal Papua Gugur Usai Kecelakaan, Sopir Truck Tak Punya SIM

Denis Yonas Trangen, Siswa Bintara SPN Polda Jambi asal Papau gugur usai Bus yang ditumpangi nya Nopol XX VI 24428 terlibat kecalakaan dengan Truck Disel Nopol BH 8785 FU, di Perempatan simpang lampu merah, Paal X, Kota Jambi, Selasa (7/12) pukul 07.00 WIB.

Kecelakaan bermula saat Bus yang mengankut siswa SPN Polda Jambi datang dari arah lintas Palembang-Jambi dan waktu yang bersamaan datang mobil truk Colt Diesel bermuatan kayu dari arah simpang rimbo, Kecelakaan tekbisa dielakan tepat di simpang IV lampu merah paal X.

Ombudsman RI Perwakilan Jambi; 231 Aduan Masuk, Kasus Agraria Pertanahan Paling Dominan

Ombudsman Republik Indonesia (RI) Perwakilan Provinsi Jambi menerima sebanyak 231 pengaduan sampai dengan 10 Desember 2021.

Kepala Perwakilan Ombudsman Jambi Saiful Roswandi, diwakili Kepala Keasistenan Penerima Petugas Laporan M. Padli, SD, M.Si menjelaskan jika laporan masuk didominasi tertinggi pada substansi kasus agraria.

Sopir Truk Batubara Protes ke Gubernur Jambi

Ratusan sopir truk angkutan batubara melontarkan prontes kepada Gubernur Jambi atas suarat ederan pembatasan tonase dan jam operasional, Ia meminta SE tersebut dicabut atau dibatalkan yang dinilai memberatkan mereka.

Ratusan sopir truk batubara ini bersama isterinnya aksi didepan kantor Gubernur dengan memarkirkan mobil mereka dilokasi. Senin (13/12).

Hari Juang TNI AD ke-76, Korem 042/Gapu Gelar Doa Bersama

Korem 032/Gapu beserta seluruh jajaran melaksanakan doa dan kebaktian bersama, Dalam rangka memperingati Hari Juang TNI AD ke 76 tahun 2021.

Dalam keterangan tertulis Penrem 042/Gapu, doa bersama secara serentak dilaksanakan di satuan masing-masing Rabu (15/12). Untuk Makorem, doa bersama dilaksanakan di Masjid At Taqwa Korem dan Kebaktian di Balai Prajurit Makorem Jambi.

Danrem 042/Gapu Brigjen TNI M. Zulkifli, mengawali sambutannya mengatakan, Hari Juang TNI AD didasari oleh peristiwa Palagan Ambarawa. Di mana, peristiwa tersebut adalah perlawanan rakyat terhadap sekutu yang terjadi di Ambarawa. Peristiwa tersebut dikenal juga sebagai Palagan Ambarawa yang berlangsung sejak 12 hingga 15 Desember 1945.

Pendidikan

Kisruh Dapodik 120 Siswa, Kepala Ombudsman Jambi Angkat Bicara, Saiful: Harus Dicari Solusi Terbaik Agar Siswa Tetap Mendapatkan Pendidikan yang Sah

Kontroversi Data Pokok Pendidikan (Dapodik) 120 siswa serta pencopotan kepala sekolah SMAN 8 Kota Jambi menuai sorotan Kepala Ombudsman Perwakilan Jambi Saiful Roswandi. Jum'at (24/12/2021)

Saat dihubungi media ini, Kepala Ombudsman Jambi Saiful Roswandi  menyatakan sangat menyayangkan perihal  ada lokal tambahan tanpa melalui prosedur yang resmi dan akhirnya merugikan siswa dan wali murid.

Hukrim

Abege Jambi Korban Perdagangan Anak Bertambah Jadi 30 Orang

Inilah Jambi - Jumlah korban perdagangan anak yang berhasil diungkap aparat Polresta bersama Polda Jambi kini bertambah menjadi 30 orang.

Sebelumnya diketahui korban berjumlah 13 orang. Jumlah ini terungkap bersama penangkapan  empat pedagang anak di bawah umur, antara 13 hingga 15 tahun.

"Sesuai informasi dari pihak Polresta Jambi, saat ini korban perdagangan anak kemarin sudah 30 orang," ujar Kabid Humas Polda Jambi, Kombes Pol Mulia Priyanto, Kamis 30 Desember 2021.

Empat pelaku yang berhasil diamankan sebelumnya diantaranya S alias K (52) warga Jakarta, R (36) warga Kota Jambi, PIS (19) warga Kota Jambi, dan ARS (15) warga Kota Jambi.

Polda Jambi Perketat Jalur Masuk Pelabuhan Resmi dan Pelabuhan Tikus di Tanjabbar

Polda Jambi terus mengantisipasi penyebaran virus covid-19, terutama bagi pendatang via bandara maupun di pelabuhan Kuala Tungkal, Tanjabbar.

Khusus pelabuhan di Kuala Tungkal, jajaran Polres Tanjabbar diminta mengecek kedatangan warga, bahkan pelancong dari luar negeri.

Pasalnya, pelabuhan Kuala Tungkal menjadi alternatif masuknya pendatang dari luar negeri via Batam. Hal inilah yang ditegaskan Karo Ops Polda Jambi Kombes Pol Feri saat rapat bersama Gubernur Jambi Al Haris dan seluruh forkompinda se-Provinsi Jambi via zoom.


(Datut Rakash)

Manusia Bisa Berubah Dengan Sekejap Mata, Namun Kenangan, Tidak Akan Pernah Hilang Untuk Selamanya...

Terkadang Jiwa Kita Perlu Seperti Anak-anak.. Agar Terhindar dari Sakwa Sangka, Kebencian dan Dendam.. Hehehe


"Segenap Jajaran Serampas.com Mengucapkan Selamat Tahun Baru 2022, Mudah-mudahan Kita Semua Tetap Diberi Karunia dan Rahmatnya, Dilindungi dan Diselamatkan Oleh Allah SWT 🙏🏻 Aamiin

Posting Komentar untuk "Kaleidoskop Jambi di Tahun 2021"