Ini 5 Khittah atau Garis Besar Perjuangan Gerakan Pemuda Muhammadiyah Dalam Tanwir II di Jambi

Serampas.com, Jambi - Tanwir II Pemuda Muhammadiyah yang dilaksanakan di Ratu Convention Center (RCC) Jambi sejak 4 Maret hingga 6 Maret 2022, menghasilkan 5 khittah atau pedoman untuk internal dan eksternal.

Menurut Ketua Umum Pengurus Pusat Pemuda Muhammadiyah, Sunanto, khittah internal  diharapkan menjadi kebijakan organisasi ke depan dalam rangka memajukan Pemuda Muhammadiyah yang bermanfaat.

"Tanwir sendiri adalah musyawarah ke 2 di bawah Muktamar Pemuda Muhammadiyah yang mana keputusan-keputusan  kita ambil untuk melakukan pengisi gerakan Pemuda Muhammadiyah kedepannya," jelas Cak Nanto, Minggu 6 Maret 2022 di RCC, kawasan Broni, Kota Jambi. 

Selain internal, Tanwir II Pemuda Muhammadiyah juga memberikan khittah eksternal, yakni kepada bangsa.

"Salah satu yang kita bacakan tadi adalah bagaimana mengeluarkan Khittah Jambi ini menjadi salah satu hasil Tanwir ke II ini," ungkap Nanto.

Secara lengkap, 5 Poin Khittah atau Garis Besar Perjuangan Jambi Gerakan Pemuda Muhammadiyah tersebut, yakni: 

1. Memiliki memiliki kapasitas dan integritas untuk mengajarkan dan mengamalkan Islam yang wasathiyah

2. Memiliki pandangan nasionalis religius dan menjadi Garda terdepan dalam mengawal kepentingan bangsa dan negara serta mengamalkan nilai-nilai Pancasila UUD 45 dan Bhinneka Tunggal Ika

3. Depan kan nilai etika politik kenegaraan yang menjadi ciri khas persyarikatan Muhammadiyah

4. Tanggung jawab dalam meraih dan mengawal kekuasaan demi kesejahteraan masyarakat.

5. Berperan aktif menyuarakan isu-isu internasional.

Ketua Pelaksana Tanwir II Pemuda Muhammadiyah di Jambi, Rocky Candra menyampaikan terimakasih sebagai selaku tuan rumah Tanwir II ini.

"Alhamdulillah acara Tanwir Pemuda Muhammadiyah yang diselenggarakan di Provinsi Jambi ini berjalan dengan lancar, dan menghasilkan banyak sekali rekomendasi-rekomendasi untuk gerakan pemuda Muhammadiyah kedepannya. Saya selaku tuan rumah dari Provinsi Jambi mengucapkan terimakasih kepada pimpinan yang sudah menunjuk jambi sebagai tuan rumah," ucap Rocky.

"Dan juga ini merupakan kepercayaan yang sangat luar biasa karena ini agenda Muhammadiyah nasional pertama kali di Provinsi Jambi," tegas Rocky.

Rocky juga mengucapkan terimakasih kepada pemerintah daerah khususnya Gubernur Jambi yang sudah sangat luar biasa mendorong kegiatan tersebut.

"Harapan kami kedepannya Pemuda Muhammadiyah di Provinsi Jambi bisa bergerak lebih masif dan bergerak lebih cepat dalam rangka syi'ar-syi'ar keagamaan dan juga gerakan-gerakan sosial lainnya," tutup Rocky.

(/*)

Posting Komentar untuk "Ini 5 Khittah atau Garis Besar Perjuangan Gerakan Pemuda Muhammadiyah Dalam Tanwir II di Jambi"