Miliki Legalitas, SPPP-SPSI Desak Pihak Manajemen PT. Sawit Jambi Lestari Soal Pengelolaan TBS

Miliki Legalitas, SPPP-SPSI Desak Pihak Manajemen PT. Sawit Jambi Lestari Soal Pengelolaan TBS. Doc: Serampas.com

Serampas.com, Jambi - Serikat Pekerja Pertanian dan Perkebunan _ Serikat Pekerja Seluruh Indonesia ( SPPP-SPSI ) Kabupaten Batanghari. Mendesak pihak manajemen PT. Sawit Jambi Lestari Soal Pengelolaan TBS.

Guntur sekretaris SPPP-SPSI Kabupaten Batanghari menjelaskan kronologi permasalahan yang terjadi saat ditemui media ini di Desa Belanti Jaya,
Kecamatan Mersam, Kabupaten Batanghari.

Miliki Legalitas, SPPP-SPSI Desak Pihak Manajemen PT. Sawit Jambi Lestari Soal Pengelolaan TBS. Doc: Serampas.com

Kronologi nya PT.SJL tidak menerima keberadaan SPPP-SPSI sehingga anggota SPPP-SPSI yang memiliki legalitas meminta pekerjaan tidak diberikan.

Dan saat itu ada mediasi kesepakatan
Serikat Buruh Pekerja Transportasi Indonesia (SBPTI) yang diduga tidak memiliki Legalitas denga pihak SPPP-SPSI ditengahi oleh dinas dalam hal ini Dinas Nakertrans Kabupaten Batanghari dan pihak manajemen PT. SJL bahwa SBPTI menyepakati berbagi Shift.

Namun kesepakatan itu tidak berjalan. Karena ketua PUK nya dalam hal ini diketuai Husin dengan alasan tidak menyetujui dan tidak ditandatangani dan tidak hadir. Padahal Husin saat itu sudah di undang tapi tidak hadir.

Miliki Legalitas, SPPP-SPSI Desak Pihak Manajemen PT. Sawit Jambi Lestari Soal Pengelolaan TBS. Doc: Serampas.com

Seiring berjalan karena tidak terialisasi nya kesepakatan sehingga pihak Disnakertrans Batanghari menjalankan aturan tentang verifikasi serikat pekerja. Dan al hasil pihak SBPTI tidak memenuhi syarat dan statusnya di PMS kan dalam status nya ilegal.

Seiring waktu, sekira 10 Februari kemarin. Pihak SPPP-SPSI memasukkan surat untuk bertemu dengan pihak SBPTI dan pihak PT SJL untuk mengklarifikasi persoalan ini, namun pihak PT SJL tidak bisa memberikan kepastian terkait status SP3 di PT SJL apakah bisa bekerja atau tidak.

Miliki Legalitas, SPPP-SPSI Desak Pihak Manajemen PT. Sawit Jambi Lestari Soal Pengelolaan TBS. Doc: Serampas.com

Karena kata pihak manajemen intruksikan dirundingkan saja antara pihak SBPTI dan pihak SPPP-SPSI namun pihak SBPTI tidak mau, intinya mereka tidak mau menerima putusan pihak Disnakertrans Batanghari. Jadi saran kami saat itu jika tidak menerima putusan, silahkan gugat secara hukum dan kami meminta pihak PT.SJL untuk profesional dan berdirilah yang benar.

Terkait dengan Pekerja yang sudah ada kami tidak akan menghilangkan haknya,  tetaplah bergabung dengan SPPP-SPSI, dia akan bekerja seperti biasa sedikitpun hak nya tidak kami hilangkan. Namun tetap tidak disetujui oleh pihak SBPTI.

Tepatnya 17 Maret 2022 pihak SPPP-SPSI kembali mendatangi pihak manajemen PT SJL yang berada di Desa Belanti Jaya, Kecamatan Mersam, Kabupaten Batanghari.

Sekretaris SPPP-SPSI Kabupaten Batanghari Guntur menjelaskan.

Sekretaris SPPP-SPSI Kabupaten Batanghari Guntur, didampingi ketua PUK Khalik

"Alhamdulillah, pertemuan hari ini, sesuai arahan surat dari Disnakertrans dan SP3 manajemen berpegang teguh pada yang legal.

Jadi untuk yang status pihak pekerja yang sudah di TMS kan oleh pihak Disnakertrans Batanghari tidak akan lagi dipakai lagi oleh pihak PT SJL atau di non aktifkan untuk saat ini.

Terkait yang kerjasama PT SJL dengan SPPP-SPSI memang PT SJL saat ini belum bisa memberikan keputusan pasti, namun pihak manajemen sepakat sama kami, sama-sama akan menempuh proses hukum dan meminta mediasi dengan pihak Disnakertrans Batanghari untuk mencari solusi, titik temu sehingga pekerja SP3 dapat bekerja dengan SPK.

Poin yang diuraikan. Saat ini kan mereka hanya berpedoman dengan TMS surat dari Disnakertrans Batanghari dan hanya menyarankan agar bekerja sama dengan SPPP-SPSI. Disini juga pihak manajemen mempunyai tim audit juga. Mereka juga pingin tahu juga legalitas kita seperti apa. Tidak salah, sah-sah pihak manajemen mengetahui legalitas SPPP-SPSI, sampai mana pun kami tetap akan bisa menunjukkan legalitas kami yang secara dinas pun kami terverifikasi. Mulai dari KTA, pencatatan PUK, PC, PD bahkan sampai ke pusat.

Miliki Legalitas, SPPP-SPSI Desak Pihak Manajemen PT. Sawit Jambi Lestari Soal Pengelolaan TBS. Doc: Serampas.com

Untuk kedepan. kesepakatan MOU akan kita buat di kantor Disnakertrans Batanghari, akan dihadiri pihak manajemen PT SJL, federasi serikat pekerja pertanian, serikat pekerja seluruh Indonesia, pihak kepolisian, dan pihak pemerintah yang berkompeten termasuk serikat pekerja yang di TMS.

Untuk soan tadi selain dari SPPP-SPSI juga dihadiri GM Muhammad. TC Hendri, manager Japen, ada juga pihak kepolisian dan perwakilan serikat pekerja Provinsi, saya sendiri Guntur sekretaris kabupaten dan ketua PUK khalik.

(Datut Rakash)

Posting Komentar untuk "Miliki Legalitas, SPPP-SPSI Desak Pihak Manajemen PT. Sawit Jambi Lestari Soal Pengelolaan TBS"